Halaman

Minggu, 18 Maret 2012

ERROR 'D3dx11_43.dll not found' Saat Menginstall NFS The Run


A Troubleshooting Guide D3dx11_43.dll Errors



Image: needforspeed.com
Need For Speed adalah seri game racing produk Electronic Art yang paling saya sukai karena memiliki kualitas grafik yang mewah dan detail yang jelas, baik dari environment maupun objek mobilnya, dan juga kontrol yang menantang.

Baru-baru ini saya mencoba Need For Speed The Run, game racing terbaru dari EA. Seri game ini menceritakan seorang bernama 'Jack' yang harus menyelamatkan hidupnya dengan balapan sepanjang kota San Francisco ke New York. Balapan semakin asyik karena Kualitas grafiknya sangat bagus, sangat mirip dengan dunia nyata. Tantangan di sepanjang jalan menambah tegang suasana dengan adanya badai di daerah bersalju yang membuat gunung es longsor, pengejaran oleh sekelompok mobil bersenjata, polisi lalu lintas yang lebih pintar… dan sebagainya.

Namun ada satu masalah yang saya hadapi saat proses instalasi. D3dx11_43.dll not found. Reinstalling might help fix this.

WHAT THE HELL IS THIS? :-/

D3dx11_43.dll adalah satu dari sekian banyak file yang ada dalam paket software DirectX. Error yang disebabkan karena file ini sering muncul pada proses instalasi program grafis dan game berteknologi tinggi. Dan saya mengalaminya saat proses instalasi software game NFS The Run di sistem Windows 7.

Bagaimana mengatasinya?

Pertama, saya restart komputer supaya fresh. Karena D3dx11_43.dll adalah file Direct X, maka kesimpulannya, saya harus meng-update Direct X-nya. Microsoft secara berkala selalu memperbarui  software ini untuk meningkatkan performa grafis terutama komputer yang menjalankan aplikasi grafis dan game. Meng-install versi update-nya mungkin bisa memperbaiki masalah yang saya hadapi. Cari di http://www.microsoft.com/download/en/search.aspx?q=directx . Download dan install versi Direct X terbaru (biasanya ada keterangan tanggal update terkini), kemudian restart sistem lagi supaya fresh. Setelah itu, saya uninstall dulu Need For Speed The Run yang sebelumnya diinstall dan tidak bekerja, kemudian install lagi.

Seharusnya, masalah selesai. Tapi ternyata belum. Muncul kotak dialog yang memberitahukan bahwa driver VGA juga minta di-update. Saya buka Catalyst Control Centre (saya menggunakan VGA ATI Radeon HD 4600 Series), Di tab paling bawah ada menu Information untuk mengakses Software Update. Tinggal klik 'Check for update now'… dan akhirnya Need For Speed The run sukses dimainkan.

Beberapa hal yang harus dicatat;
  • Pastikan spesifikasi hardware memenuhi minimum requirement software/game yang di-install. Minimum requirement untuk Need For Speed The Run silahkan klik disini.
  • Jangan men-download file D3dx11_43.dll secara terpisah dari situs download DLL. Beberapa situs mungkin menawarkan untuk menambal masalah D3dx11_43.dll dengan cepat, akan tetapi hal itu justru bisa menimbulkan masalah baru. Install saja update Direct X asli dari Microsoft.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga;

Tidak ada komentar: