Halaman

Senin, 05 Maret 2012

Anda Perlu Punya Akun Google+ ... Kenapa?

Salah satu alasan kita mendaftar untuk masuk ke Social Network adalah untuk mempromosikan bisnis/usaha, dengan membuat sebuah 'Page' di dalamnya, dan personal branding memiliki peran penting untuk itu karena reputasi harus dimulai diri pribadi kita sendiri. Ketika seseorang mencari sebuah bisnis di search engine, ada kemungkinan orang tersebut juga mencari kita secara pribadi sebagai pengelola bisnis tersebut. 

Google+ personal profile memiliki rangking yang baik di Search Engine. Di dalamnya disertakan link-link yang bisa membantu mempromosikan blog atau bisnis.  

Ketika kita menulis sendiri konten untuk blog atau berkontribusi di sebuah situs besar, kita pasti menginginkan agar nama kita sebagai penulis tercantum di dalam artikel tersebut, muncul di dalam hasil pencarian Search Engine dapat membantu membangun kredibilitas dan otoritas bisnis kita, terutama ketika orang dapat meng-klik link dengan tulisan 'More by...' dan akhirnya melihat semua postingan artikel yang pernah kita buat. 

Menurut statistik Google+ terbaru, orang-orang yang berada di top 25 Google+ (personal profile) memiliki sekitar 606.000 sampai 1,2 juta pengikut (follower), dan top 25 Google+ Pages memiliki sekitar 91.000 sampai 314.000 pengikut. 

Jika kita sedang membangun Circle 'Following', pertimbangkan untuk mengijinkan orang-orang mengikuti setiap postingan kita secara pribadi. Dengan adanya sistem pengorganisasian kontak di Google Plus, kita dapat memilih siapa yang dapat melihat setiap update yang kita posting sesuai dengan kategori tulisan yang kita buat, apakah bersifat pribadi atau public (bisnis). Tidak seperti Facebook, Twitter, atau social network lainnya, Google Plus mengimplementasikan sistem pengorganisasian kontak dengan cara yang lebih baik (Google Plus menyebutnya 'Circle'). Circle memungkinkan kita untuk menambahkan koneksi ke lebih dari satu kategori kontak yang berbeda. Ini berarti jika kita ingin melihat aktifitas berdasarkan nama Circle yang kita buat, kita bisa mengurutkan sesuai dengan Circle yang sesuai. Bila kita hendak mem-posting status, kita bisa mengatur untuk membatasi siapa saja (circle mana saja) yang bisa melihat update tersebut.

SEO Friendly

Bila kita suka membuat konten yang berorientasi SEO, Google plus adalah social networking yang powerful untuk tujuan tersebut. Seperti yang terlihat di gambar dibawah, personal profil Google Plus memiliki banyak element yang sangat bagus untuk Search Engine Optimization. 

Image Courtesy: wordtracker.com | Click to enlarge
Artikel ini saya terjemahkan dari sebuah newsletter yang ditulis oleh seorang social media enthusiat, Kristy Hines, yang dikirim via email kepada saya. Melihat manfaatnya, saya berinisiatif untuk membaginya kepada pembaca blog ini.
__________________________________________________________________________
Ingin punya bisnis sendiri? Ingin punya penghasilan tambahan? Yang satu ini bisa dikerjakan online, dari rumah atau dari mana pun saja, hanya 2 jam per minggu dari depan komputer anda. Klik d’BC Network!

Tidak ada komentar: