Halaman

Kamis, 19 Januari 2012

Ubah Foto Jelek Jadi Menarik Dengan Picasa

Image Courtesy: dipity.com
Kebanyakan orang awam memotret tanpa mempertimbangkan sudut pandang dan pencahayaan. Sehingga foto yang dihasilkan jadi jelek. Apalagi kamera yang digunakan adalah kamera handphone berjenis VGA.

Picasa adalah software gratis yang  digunakan untuk mengorganisir gambar sekaligus menyertakan fitur photo editing yang sangat bagus. Anda tidak membutuhkan keahlian fotografi yang serius, karena untuk menggunakannya cukup sederhana. Dengan beberapa klik, foto yang terlihat jelek berubah lebih menarik dan teman facebook anda akan memberikan jempol dengan senang hati. 

Versi terakhirnya (Picasa 3.9) menambahkan fitur editing yang lebih beragam dan kreatif, sekaligus tombol share terintegrasi yang memungkinkan kita memamerkan foto langsung ke Google+, situs social networking baru yang diluncurkan oleh Google.

Foto berikut ini saya ambil di dalam ruangan toilet menggunakan kamera handphone Nokia X2-00 berjenis VGA, menghasilkan foto berukuran 640x480.


  1. Buka Picasa, pilih foto yang ingin diedit, klik dua kali akan membawa foto ke ruang editing.
  2. Klik tab 'more fun and useful image processing', pilih 'cinemascope' hilangkan tanda checklist pada 'letterbox' karena hanya ingin mengambil efek warnanya saja. Klik 'Apply'.
  3. Pilih 'Orton-ish' kemudian 'Apply'.
  4. Klik tab 'even more fun and useful image processing', kemudian pilih 'Soften' untuk menghaluskan sedikit noise yang masih mengganggu. Atur tingkat kehalusannya pada slider setting yang disediakan.
  5. Pilih 'Polaroid' dan..... Selesai.
Picasa photo editing tools. Click to see the full size.
Jika belum terpasang Picasa di komputer anda, silahkan download disini.

Tidak ada komentar: