Halaman

Selasa, 17 Januari 2012

Untuk Cetak Foto, Kertas Silky atau Glossy?

Image Courtesy: directory.ac
Mencetak foto bukan lagi hal yang repot. Tidak perlu pergi ke photo studio untuk mencetak sampai ukuran 10R. Kamera digital juga makin terjangkau harganya dengan kemampuan direct printing yang memungkinkan kita untuk mencetak foto langsung dari kamera tanpa perantara komputer. Printer inkjet sekarang memiliki kualitas cetak fotografi yang semakin bagus dengan harga yang juga sangat terjangkau. Soal software editor foto, kita bisa gunakan yang gratis tapi powerful seperti Photoscape, Picasa, atau langsung mengeditnya di Picnik (layanan edit foto online).


Ada beberapa pilihan jenis kertas yang bisa kita gunakan untuk mencetak gambar, diantaranya;


  1. Inkjet paper
  2. Matte paper
  3. Glossy paper
  4. Silky paper
Inkjet paper menghasilkan kualitas warna yang lebih tajam dibandingkan mencetak menggunakan Plain paper (HVS standard). Kita bisa memilih jenis kertas ini untuk mencetak brosur atau gambar-gambar pendukung untuk lampiran. Akan tetapi, jenis kertas ini kurang bersahabat dengan printer, karena, berdasarkan pengalaman saya, zat yang dipakai untuk lapisan permukaan kertas membuat karet penggulung kertas lebih cepat rusak. Printer jadi sulit me-loading kertas dengan baik.

Matte paper lebih tebal daripada inkjet paper. Umumnya kita bisa menggunakan dua sisinya untuk mencetak, tidak seperti inkjet paper yang hanya bisa satu sisi. Kita bisa menggunakan kertas ini untuk membuat business card atau brosur. Matte paper dan Inkjet paper memiliki permukaan doff (tidak mengkilap).

Glossy paper memiliki permukaan yang halus dan mengkilap sehingga cocok bila digunakan untuk mencetak foto. Dulu saat pertama saya belajar photoshop, saya sering menggunakan jenis kertas ini untuk mencetak foto instant. hasilnya cukup bagus, menghasilkan pewarnaan yang tajam. Pilihlah ukuran gram yang kecil (tipis) supaya printer tidak kesulitan me-loading kertas. Sayangnya, hasil cetak tidak bisa tahan lama. Jika foto kita pajang di dinding, setelah kurang lebih 1 atau 2 bulan, warna akan memudar oleh suhu udara. saya lebih suka memajang hasil cetaknya di album besar, dan memang bertahan lebih lama, karena lebih terlindung dari suhu udara.

Permukaan Silky paper juga halus dan mengkilap. Akan tetapi memiliki tekstur berbintik seperti permukaan kulit jeruk. Saya lebih suka menggunakan jenis kertas ini untuk mencetak foto. Harganya memang biasanya lebih tinggi dari glossy paper. Hasil cetak lebih tahan lama, lebih tahan dengan suhu udara, dan menghasilkan warna yang sangat tajam. Saya mencetak foto anak saya 8 bulan yang lalu, saya pasang berbingkai di tembok ruang keluarga dan sampai sekarang warnanya masih bagus. Tekstur kertasnya membantu gradasi warna lebih hidup. Printer saya tidak pernah kesulitan me-loading kertas karena belakang printable area-nya lebih halus daripada glossy paper

74 komentar:

Unknown mengatakan...

nanya gan ? silky paper yang mantap merk apa ya? bisa kasi info pembeliannya dimana dan harnya?

Ali mengatakan...

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Saya dulu suka pake yang merk Mirage. tapi pake yang tanpa merk (labelnya polosan) juga sering karena harganya jauh lebih murah. Biasanya yang bagus teksturnya lebih lembut. Kalau yang tanpa merk itu teksturnya kelihatan banget dan kertasnya sedikit lebih tebal. Soal pembelian, saya rasa banyak di toko-toko alat tulis atau di toko komputer.

hikmah xbike mengatakan...

sharingnya mantap,sesuai pengalaman saya...silky paper memang lebih baik.!!

Rodja mengatakan...

Nanya gan, memangnya pakai printer apa bisa mencetak 10R, kalau menurut pengalaman saya kalau pakai printer yg biasa untuk ukuran A4/Folio tidak muat untuk ukuran 10R original kecuali 10R nya tukang Foto yg sebenarnya cuma 8R bilangnya 10R.
thanku

danycahyono mengatakan...

Media silky paper bisa pake inkjet?? Lebih bgs mana hasilnya dgn tinta artpaper??

danycahyono mengatakan...

Media silky paper bisa pake inkjet?? Lebih bgs mana hasilnya dgn tinta artpaper??

Ali mengatakan...

+Rodja... bener gan itu. Saya dulu pernah pake printer epson yang bisa mencetak A3. Tipe L1300. Jadi bisa mencetak ukuran 10 R.

Ali mengatakan...

+Danycahyono:
Silky paper bisa dicetak dengan printer inkjet. Saya mencetak pake epson. Memang ada beberapa kertas silky yang agak susah di-load di paper tray. Terutama yang tanpa merk (polosan).
Klo pake tinta artpaper lebih awet hasilnya memang. karena bahan dasar tintanya juga sudah berbeda.

Unknown mengatakan...

maaf gan mau nanya itu kalo make papr silky setingan di print nya masih make jenis kertas premium glossy ap make yang lain ??

Unknown mengatakan...

Make silky paper udah dari awal buka studio.walau pelanggan banyak komplen dr harga,alhamdulillah tetap rame.silky paper numero uno

Unknown mengatakan...

Make silky paper udah dari awal buka studio.walau pelanggan banyak komplen dr harga,alhamdulillah tetap rame.silky paper numero uno

Ali mengatakan...

+sutrisno tio :
saya malah lebih sering pake setting "Plain Paper". Hasil warnanya menurut saya lebih bagus daripada kalau pake setting "Glossy Paper". Saya cetak pake printer Epson.

Maaf baru bisa balas komentar anda.. trima kasih sudah berkunjung di blog saya.

Ali mengatakan...

+ademaulana :
Sukses Gan...

grande mengatakan...

Kak, aku baru beli kertas glossy haha. Agak tebal sih, terus cuman dpnnya aja yg kilap, blkgnya kertas. ga terlalu mulus juga. Printernya bs load kan kak? Soalnya aku takut dia susah nge-load. Thx

Ali mengatakan...

@Grande: Ada beberapa produk kertas glossy yang memang untuk ukuran printer standard itu terlalu tebal. Saya sering mengalami kertas glossy gak bisa di-load. saya dulu pake printer Epson. Coba aja dulu satu. klo kira-kira memang susah diload jangan dipaksa. nanti bisa ngrusak paper loader-nya. Kertas glossy ber-merk biasanya mencantumkan ukuran kertasnya berapa gram gitu.
Pertama saya dulu beli yang eceran untuk test. kebetulan Di tempat saya suka ada yang jual eceran. Klo sesuai dengan printer, baru saya beli sesuai kebutuhan.
Maaf barus bisa respon. terima kasih sudah berkunjung di blog. Seneng bisa berbagi dengan anda semua... :-)

Gaz T mengatakan...

Kalo untuk photo pajangan tanpa kaca kertas apa yang cocok ya...saya pernah lihat dia seperti dilapisi pkastik gitu

Gaz T mengatakan...

Kalo untuk photo pajangan tanpa kaca kertas apa yang cocok ya...saya pernah lihat dia seperti dilapisi pkastik gitu

Gaz T mengatakan...

Kalo untuk photo pajangan tanpa kaca kertas apa yang cocok ya...saya pernah lihat dia seperti dilapisi pkastik gitu

Ali mengatakan...

@Gaz T:
saya udah pernah coba, kertasnya bisa pake glossy atau silky, setelah proses print selesai dibiarkan beberapa saat supaya kering. Kemudian saya lapis pake vinyl bening.. bisa dibeli di toko percetakan...

Unknown mengatakan...

Kak ali, kalo silky paper itu biasa disebut luster/satin juga ya? soalnya agak bingung juga sama namanya hehe. Terus saya pakai epson l360, setting yg bagus itu plain atau glossy paper ya kak? ditunggu jawaban secepatnya ya kak. Thx

Taslim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Malam gan.... saya ada rencana cetak photo ijasah untuk anak2 yng akan lulus tahun ini. kertas jenis apa kiranya paling cocok untuk hal tersebut. saya udah coba jenis silky maupun glossy, tp sepertinya tidak sesuai harapan. masalahnya tinta stempel akan melebar dalam beberapa saat setelah dicap. Terima kasih atas bantuannya.

Unknown mengatakan...

makasih min amat sangat membantu.

uNknown mengatakan...

Kertas matte atau doff

gasukatauge mengatakan...

Nanya om..klo cetak pke bahan glossy 210gsm trs settingan print nya pilih plain paper masalah ga ??
Soalnya kn beda ketebalan plain paper sama glossy.
Mksh

Ali mengatakan...

Saya biasanya malah begitu.. gak masalah koq.. itu yang pengaruh di hasil warnanya. Kalau pake setting glossy, bagian warna gelap (shadow/hitam) terlihat kebiruan. Kalau pake setting Plain Paper, malah enggak. Itu dulu pas pake epson T11..

Ali mengatakan...

Kalau saya sih ya, lebih suka hasil warna settingan Plain Paper. Kecuali kalau mau boederless, harus pake settingan Glossy. Kalau pake setting glossy, warna gelapnya jadi agak kebiruan.

Ali mengatakan...

Ralat: boederless = Borderless

Unknown mengatakan...

hadir ni om..ane dah 1,5 th usaha cetak foto,bergelut dengan printer epson l120 dari awal gak mampu narik kertas foto biasa alhasil harus didorong sedikit itupun kadang 2 sampai 3 kali baru nyangkut samapi ane ganti rouler printernya . tp pas ane coba kertas silky (kulit jeruk) tarikannya enak banget kaya narik kertas hvs..tp harga nya mahal 2x lipat lebih.
a mau nya untuk uk foto 10r harga 15 ribu wajar ga ya..?trus uk 2x3, 3x4 dll tu kisaran berapa ya..karna ane jual pass foto 4lbr 5000..trimakasih untuk masukannya..

Unknown mengatakan...

Kalo pake printer Epson bagus nya pake yg brapa gram ya gan, ..??
Terimakasih

gasukatauge mengatakan...

Cristiano gawoh
Mengingat harga printer & harga tinta epson original yg lumayan mahal, rasanya klo 15rb wajarlah untuk cetak foto seukuran A4.
Saya pake epson L1800 patok harga 30rb untuk cetak foto ukuran A3.

Ali mengatakan...

+multiah imul : kertasnya apa? Plain paper saya biasa pake 70gram dan 80 gram. Kalau yang glossy dan lain lain, 180gram sampai 250gram.. jangan lebih tebal, karena printer akan kesulitan loading paper-nya. Dulu jaman pake T11, paper loader nya malah cepet rusak kalau pake kertas yang terlalu tebak...

Unknown mengatakan...

Mas Ali, untuk setting an printer nya mas Ali pke plain paper kan? Nah quality nya standard aja apa diset high? Makasih sebelumnya.

Unknown mengatakan...

1..Emg pengaruh ya kak ketebalan kertas k printer...Soal e q biasa pakek glossy dan photo paper..yg ukuran 230gsm
2..apa perbedaan kertas foto glossy dgn photo paper ...Soal e mau nyetting d printer jadi bingung...
Apa.D setting k kertas photo paper pro luster atau k foto glossy 2

Unknown mengatakan...

Emg pengaruh ya kak...ketebalan kertas k printer...Soal e q biasa pakek glossy dan photo paper dgn 230 gsm
Trs perbedaan kertas foto glossy dgn photo paper apa ya kak
3..kalau pakek kertas tsb..settings e yang mana ya kak..apa kertas photo paper pro luster atau foto glossy 2

Ali mengatakan...

Kalau di set high, pengalaman saya memang lebih padat dan matang warnanya. Tapi pastikan highlight dan shadow nya sudah anda adjust. Karena biasanya hasil cetak terlihat gelap dan kusam karena shadow nya nggak dikurangi. Mungkin butuh beberapa kali test print ya...

Ali mengatakan...

Tapi sebenernya di set standard aja hasilnya secara umum sudah terlihat bagus asal kondisi cartridge masih bagus. Supaya prosesnya lebih cepet kalau diset standard.

Ali mengatakan...

230gram masih mudah di load.. kalau misal terjadi kasus paper loader kesulitan me-load kertas, langsung pake kertas yang lebih tipis aja..jangan dipaksa. Saya dulu karena dikejar waktu sering aku paksa. Ending nye jelek. Paper loadernya rusak...

Unknown mengatakan...

Pak ali, adakah kertas yg lbh bagus dari sikly utk cetak foto & utk tinta apakah ada yg lebih bagus lg?
agar lebih tahan lama hasilnya...
Tks

Nisa95 mengatakan...

Mas kalo mau nyetak paper doff enaknya pake printer apa ya? Saya mau beli printer inkjet yg cocok buat paper doff, takutnya nnti tinta nya ga nempel.. terima kasih...

Ali mengatakan...

Kebanyakan tinta printer umumnya compatible dengan kertas Doff.
Kalau masalah printer, Mbah Rahma bisa pake Canon atau Epson gak masalah.. Canon biasanya lebih murah daripada epson. Epson sekarang sudah pake metode infus dari pabrikannya, dan merekomendasikan untuk pake tinta epson yg asli. Karena itu dia jadi mahal.
Kalau Canon, kalau ngeprint dalam jumlah langsung banyak, biasanya cartridge nya yg cepet rusak. Tapi mudah menggantinya. Dan murah harga cartridge nya.

Ali mengatakan...

Kalau mau lebih tahan lama hasilnya, jangan menggunakan printer inkjet Mas.. pake printer Laser. Tapi memang harganya jauh lebih mahal.
Kalau masalah kertas, variannya sekarang banyak banget. Canvas paper, artpaper..

Unknown mengatakan...

Bang saya pake epson l360 kenapa ya pas cetak foto pakai kertas glosy 220 dan 230 di sudutnya selalu terlipas atau berbayang

Ali mengatakan...

Kemungkinan:
1. Kertasnya ketebalan Dek Rara.
2. Kualitas kertasnya yg jelek. Dicoba pake merk lain yg lebih bagus. Meskipun grammasinya sama, tapi printer ngeloading kertasnya lebih mudah. pengalamanku, aku ganti pake kertas silky, lancar.
Atau coba pake kertas glossy yang grammasinya dibawah 220. Seingatku ada yang 180-an. Memang tipis banget klo buat foto.
Kemungkinan ke-3. Paper loadernya yg gak beres.

Unknown mengatakan...

Klo kertas silky itu kualitasnya lebih bagus ya om sama harganya agak mahal jga yaa,,

Ali mengatakan...

Kertas silky biasanya memang sediiit lebih mahal... Lebih lembut kertasnya...

Unknown mengatakan...

kalau dilapisi pake laminating film photo nya bisa tahan lama gak kak ? kalau misalkan dipajang tanpa bingkai

Ali mengatakan...

Dicoba aja ya.. saya pernah coba pake vinyl bening, tapi pudar juga warnanya lama lama.
Malah bisa setiap tahun ganti pajangan foto kan... :-D

Unknown mengatakan...

Klo menurut mas ali kalo cetak pakai kertas glossy, settingan kertas gmn yg bagus??, dan kualitas pakai high atau max dpi??

Nisa95 mengatakan...

Terimakasih sarannya mas 💪

hery mengatakan...

kak apa sama ya kertas silky sama microporous ? soale saya baru dapat kertas microporous harganya hampir sama cuma lebih halus motif jeruknya.
terima kasih

US MATH CREW mengatakan...

Maaf teman, Saya baru pemula. Teman, Saya mau usaha cetak foto untuk ijzah. Printernya Epson l3100. Bagusnya pake kertas apa Dan bagaimana dengan setingan waktu print?
Terima kasih sebelumnya..

Unknown mengatakan...

gan kalo pake printer L805+tinta nya yang dye (seperti tinta bawaan) trus kertas pake silky kira tahan lama ga ya? trus kira kira epson L805 ukuran 10R muat ga ya?

Ali mengatakan...

Kalau tintanya asli epson, biasanya bisa tahan lama. Kalau masalah ukuran, printer standar bisa mencetak A4 (21 x 29,7 cm) dan F4 (21,59 x 33,00 cm). Asal masih berada di range angka tersebut masih bisa

Unknown mengatakan...

Kak Ali, saya buka usaha cetak foto, kertas pake dataprint dp PSP 260 A4 premium silky photopaper dgn Epson L310
Untuk hasil cetak sangat bagus.kira-kira tahan lama ga? Untuk tinta printer Epson 664.... terimakasih kak

Arif mengatakan...

Bapak pakai tinta apa yah untuk prin foto

Arif mengatakan...

Mas kira2 paki tinta apa yah bagus untuk cetak foto, krn saya masih pakai tinda ori dari epson krn saya pakai prin epson L1800

Candra mengatakan...

merek e-print

Unknown mengatakan...

Mantap

Unknown mengatakan...

Merk coral juga sangat bagus dan harga lebih terjangkau

rin mengatakan...

kalo tintanya pk tinta art paper atau pk tinta biasa?

Unknown mengatakan...

Gan..mau nannya? Klo epson type L1800 bisa pakai kertas foto jenis silky gk?

Unknown mengatakan...

Ka ali mohon info nya dong saya mw mulai usaha d percetakan foto tp udah 2 kli beli kertas glossy sellu luntur tintanya jika ke pegang dan sya beli kertas silky doff apa cocok sama printr mudah luntur ngga . Karna printr saya canon e400. Mohon saran untuk kertasnya apa yg cocok

Nur mengatakan...

Ka sy kan lg buka usaha cetak poster gitu nah bagusnya pake kertas artcartoon apa silky yah ka? Mohon sarannya ka maksih

Unknown mengatakan...

Halo mas ali, saya mau nnya kan saya ngeprint foto pke kertas silky dri e print pke printernya epson l120 tpi hasilnya gaada yg bner mas gelap semua pdhal saya udh nyoba semua pilihan wrna dri glossy matte plain smpe envelope semuanya gaada yg bagus, itu gmna ya tips nya? Mohon jawabannya ya mas terima kasih

Ali mengatakan...

1.coba pake photoshop diedit dulu brightness contrast nya.. Terserah pake tool yang mana.
2.cek di photoshop, color managementnya kalau masih sRGB ganti jadi Adobe RGB
3.pas ngeprint, coba setting pake plain paper aja.. Tapi memang gak bisa borderless.
4.di printer, setting quality nya pake standard aja dulu, supaya semprotan tinta nya gak terlalu tebel...
Coba dulu tips itu, biasanya sih bisa beres.

Ali mengatakan...

Printernya pake apa bro? Pake laser apa pake inkjet?
Maaf ya baru bisa balas, lagi banyak kegiatan di lapangan...

Ali mengatakan...

Itu beneran glossy apa bukan? Kalau glossy walaupun murah harusnya gak luntur kalau kepegang, dia akan langsung kering diserap lapisan glossy nya. Kalau bukan glossy, misalnya kayak kertas karton yang gilap gitu, printernya harus lasser. Gak bisa pake inkjet.

Ali mengatakan...

Pake silky doff bisa, perhatikan grammasi nya aja, jangan sampe terlalu tebal.. Karena biasanya susah di load, bisa ngerusak karet loader ya juga.

Ali mengatakan...

Bisa bro..

Ali mengatakan...

Setahan tahan nya kalau pake printer berbasis inkjet,lama lama akan pudar juga... Kalau mau awet pake lasser memang. Atau tinta khusus photography.

Unknown mengatakan...

Mas saya punya printer canon mp145
Mau cetak sticker dri kertas sticker nah untuk settingan media typenya bagusan mana untuk warnanya hampir mendekati dengan hasil yg dilayar komputer. Pertanyaannya apakah saya harus setting plain paper dengan high quality atau glossy photo paper?

Ali mengatakan...

Kalau saya sesuai pengalaman saya sendiri, lebih suka pake setting plain paper, quality nya pake high gak papa supaya bintik bintik di area gradasi terang lebih halus... Kalau pake setting glossy, biasanya hitam nya malah gak bisa pekat, misalnya di area shadow jadi agak kebiruan... Tapi terus terang saya malah belum pernah pake canonmp145... Dicoba aja bro...
Jangan lupa kalau nyetak lewat photoshop, color management kalau masih sRGB, ubah ke Adobe RGB.

Anifatul mengatakan...

Bagus pake kertas doff untuk printer inkjet