Halaman

Kamis, 16 Februari 2012

Microsoft Office Gratis dan Legal... Mau?

Saya menggunakan Microsoft Office untuk mengerjakan berbagai hal, mulai dari presentasi, surat menyurat, makalah, dan sebagainya. Microsoft Office begitu populer di kalangan pengguna komputer bahkan yang paling basic. Meskipun sekarang banyak bermunculan program serupa dengan free license dan kemampuan yang setara, akan tetapi popularitas program ini di kalangan masyarakat membuat Microsoft Office tetap menjadi pilihan tak tergantikan, karena kemudahan dalam pengoperasian, interface yang makin user friendly, dan dukungan dari berbagai lembaga pendidikan yang mengintegrasikan program Microsoft Office sebagai standard pembelajaran komputer.
Saat ini Microsoft telah meluncurkan versi terbarunya yaitu Microsoft Office 2010, dengan penambahan fitur fitur baru yang lebih memudahkan kita dalam mengerjakan dokumen. Tampilan antar muka jauh lebih menarik. Menu-menu perintah dibuat langsung terpampang (Microsoft menyebutnya Ribbon) sehingga lebih mudah diakses. Namun sayangnya, harga lisensi yang begitu mahal membuat saya yang berkantong tipis terpaksa tetap menggunakan versi lama. Saya melihat daftar harga retail Microsoft Office 2010 masih senilai kira-kira 5juta-an rupiah untuk 1 komputer dan 1 mobile PC (Informasi dari Bhineka.com tanggal 15 Februari 2012).


Kabar baiknya, kita bisa menggunakan program Microsoft Office 2010 dengan gratis meskipun dengan fitur terbatas, dengan memiliki Windows Live ID. Saya kebetulan sudah lama menggunakan layanan email dari Hotmail.


Adalah Microsoft Skydrive, sebuah layanan baru dari Microsoft yang memberi kira ruang penyimpanan hingga 25Gb untuk menyimpan dan berbagi dokumen mulai dari foto, presentasi, artikel, dan lain-lain dengan aman. Di dalamnya juga telah terintegrasi program aplikasi Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan OneNote dan bisa kita gunakan secara gratis. Meskipun dengan fitur yang terbatas, setidaknya sudah cukup powerfull untuk membuat dokumen yang profesional. Kita bisa mengakses semua dokumen dari mana saja tanpa harus membawa-bawanya selama bisa terkoneksi dengan internet.


Microsoft Word Web App



Tidak ada komentar: